Maaf Kegagalan, aku tidak takut

Setiap orang pasti tidak mau gagal, apalagi mendapatkan keagalan yang bertubi-tubi. Berhasil, berhasil, dan berhasil itu adalah fokus tujuan hidup kita. Berhasil dalam setiap rencana yang dibuat, tapi saat takdir mempertemukan kita dengan sebuah batu kerikil kecil berupa kegagalan, apa yang akan kita lakukan setelahnya ? itu adalah sebuah keberhasilan yang sesungguhnya. Bagaimana kita bangkit saat jatuh dan apa yang akan kita lakukan setelahnya itu yang lebih penting.

Saat kita terhalang kerikil kecil kita bisa saja dengan mudah menginjaknya. Tapi saat batu kerikil berkumpul membentuk sebuah gunung apa yang harus kita lakukan ? Mencari jalan lain atau mendaki gunung dan menemukan sebuah telaga kepuasan batin ? Ya, saat dihadapkan dengan kegagalan yang bertubi-tubi pasti sedikit demi sedikit demi sedikit melatih mental kita. Kegagalan yang bertubi2 ibarat sudah jatuh tertimpa tangga dan ketiban atap, sakit, sedih, kecewa, dan terpuruk. Tapi tenang saja kawan, sebanyak apapun kegagalan kita akan bisa membangun sebuah istana keberhasilan yang megah dari puing2 kegagalan itu kan.

Sedikit merenungi pengempaan jiwa dari Tuhan. Apakah setelah melalui sebuah pengempaan sebuah jiwa akan menjadi kuat atau malah hancur lebur ? Semua dikendalikan oleh jiwa itu sendiri, bukan Tuhan. Bahkan dalam Al Quran disebutkan bahwa “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” Q.S Al Baqarah ayat 286. Jadi saat Tuhan mempertemukan kita dengan sebuah kegagalan jangan lari ataupun jangan hancur. Hadapi karena saat kita bisa mengendalikan kegagalan Tuhan akan menghadiahkan kita dengan sebuah kepuasan batin dan jiwa yang menjadi lebih baik.

Setelah ini, apakah kita takut pada batu loncatan berupa kegagalan ? Tentu saja tidak.

 

Garut, 6 Agustus 2014

 

Untuk sebuah rasa syukur ketika berhasil melalui segunung kegagalan.

Alhamdulillah, terimakasih Hadiahnya Tuhan.

DIY Bleached Jeans and Tshirt

Bosen dengan celana atau baju yang warnanya gitu-gitu aja ? Tapi budget lagi gak mendukung buat beli baju baru ? Gak masalah, tinggal bongkar lemari dan mari kita permak, it’s DIY.

Celana jeans cuma satu warna dan semua orang kebanyakan pake. Bosen dengan baju yang satu warna gitu-gitu aja, monoton kan. Pengen yang unik tanpa menguras dompet ? oke ini tipsnya.

You will need :

  •          Celana Jeans / Kemeja bekas
  •          Karet Gelang
  •          Cairan Pemutih
  •          Ember
  •          Air
Cairan pemutih + karet gelang

Cairan pemutih + karet gelang

Pertama yang kalian lakuin mengikat celana/baju dengan karet gelang, bikin lilitan-lilitan kecil disemua bagian. Klo semua udah beres diikat penampakannya kayak gini :

Hasil lilitan

Hasil lilitan

Setelah beres mengikat kita siapkan dua sachet cairan pemutih (20 ml) kedalam air 2 Liter atau secukupnya sampai celana/baju terendam sempurna. Waktu perendaman untuk setiap barang beda-beda. Kalo kalian merendam kaos/kemeja 40-60 menit juga cukup, tergantung ketebalan bahannya. Nah untuk celana jeans kalian butuh waktu 2-3 jam.

Udah beres, tinggal buka ikatannya, karetnya jangan digunting lumayan bisa dipakai untuk keperluan lain. Cuma warna celana/baju yang bakal menghasil perpaduan warna yang bagus itu dengan warna dasar yang cerah atau cenderung gelap, jadi kelihatan kontras dengan warna putih. Misalnya warna biru tua, pink atau merah terang.

Tadaaaam, inilah hasil DIY, menarik bukan ? Selamat mencoba

Bleach Tshirt

Bleach Tshirt

Kemeja hasil bleaching

Kemeja hasil bleaching

Bleached Jeans

Bleached Jeans

Ini Pantai, ini Surga di Gunung Kidul, Pantai Sundak

Kalo denger kata jogja biasanya kita cuma langsung tertuju pada malioboro, Borobudur, prambanan. Tapi eiits, di jogja juga banyak surga tersembunyi loh. Walaupun emang jaraknya lumayan jauh dari pusat jogja tapi perjalanan kalian gak akan sia-sia. Kabupaten Gunung Kidul, surganya pantai. Jangan ngaku cinta jogja kalo belum pernah ke pantai di Gunung Kidul.

Banyak banget pantai luar biasa indah disana, ada Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ndrini, Pantai Sundak. Nah kali ini bakal ngebahas Pantai Sundak, Pantai yang jadi lokasi syutingnya Film Kata Hati. Ituloh yang dibintangi sama Boy Hamzah yang cakep itu loh.

Apa yang terlintas dikepala kalian kalo denger kata Pantai ? Surga, itulah kata yang terlintas dalam benak saya. Surganya air, surganya bermain, surganya liburan. Pasir putih, hembusan angin, deru ombak, biru laut biru langit, dan senja, aaah bikin terpaku.

Sekarang disini bakal ngebahas satu dari sekian banyak surganya Gunung Kidul, yaitu Pantai Sundak. Pantai sundak sendiri berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Untuk menuju Pantai sundak bisa menggunakan kendaraan umum berupa bis. Tapi enaknya menggunakan kendaraan pribadi, selain jalannya yang masih sepi kalian gak harus terpaku sama jam angkutan umum. Perjalanan dari pusat jogja sekitar 2 jam. Setiap pengunjung dkenakan retribusi sebesar Rp 2.000,-/orang.

Pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki cir khas yang unik, yaitu didominasi batu karang, baik batu karang di dasar pantai juga batu karang gede yang menclok ditengah laut. Selain itu pasir pantai disini juga pasir putih. Sama halnya dengan Pantai Sundak.

Perjananan menuju Pantai sendiri lumayan bikin konsentrasi, soalnya jalanan curam dan sepi. Setelah menempuh waktu perjalanan selama satu jam kami kitab di pantai sekitar jam 11.00 siang, lagi panas-panasnya tapi karya Tuhan malah terlihat semakin indah, bersinar.

Mayoritas pantai-pantai di Gunung Kidul juga masih sepi dan asri, ya namanya juga surge tersembunyi. Tapi sekarang ada beberapa Pantai yang sudah dikelola dengan baik. Kebetulan untuk Pantai Sundak dirasa masih sepi, disana hanya ada dua warung kecil yang disertai dengan WC umum. Saat itu yang berkunjung kebetulah hanya rombongan kami, jadi berasa private beach, haha. Bermain pantai sambil nemenin warga yang sedang memancing ikan.

Ada bapak-bapak pencari ikan (Photo by Rizki A Rachman)

Ada bapak-bapak pencari ikan (Photo by Rizki A Rachman)

Perjalanan selama sejam dengan jalanan curam terbayar lunas bahkan lebih kalo udah liat Pantai Sundak. Langit biru, hamparan pasir putih, ombak, batu karang, aaaaah paradise ~ Cuma bisa bilang, subhanallah. Surga tersembunyi dari jogja.

Paradise (Photo by Rizki A Rachman)

Paradise (Photo by Rizki A Rachman)

Jangan sampe datang ke pantai tanpa basah basahan, walaupun saat itu matahari lagi stay diatas ubun-ubun harus banget nyemplung ke air. Walaupun hanya sampe lutut. Seenggaknya ada basah-basah dan nginjek batu karang.

Salah satu batu karang besar di Pantai Sundak (Photo by Rizki A Rachman)

Salah satu batu karang besar di Pantai Sundak (Photo by Rizki A Rachman)

Dijamin pas kalian liat pantai bawaannya pengen nyemplung atau main air. Siang itu pantai lumayan agak surut jadi bisa jalan menuju batu karang yang gede, mginjek karang terus nemu beberapa binatang lagi merayap-rayap. Ah, tak terlupakan.

Kalian bisa menjelajah pantai dari yang kedalaman cuma beberapa jengkal di atas mata kaki sampai sedada orang dewasa. Kalo kalian gak nyemplung bisa berteduh di bawah batu karang. Lumayan ngadem.

numpang eksis (Photo by Rizki A Rachman)

numpang eksis (Photo by Rizki A Rachman)

Beres main air pasti laper kan ? tak ada seafood mie rebus pun jadi, tapi itu mie nya mantep banget, efek capek dan suasana pantai kali ya. Minumnya es degan, uuh pantai banget. Nah kalo mau pulang jangan sampe kalian bawa oleh-oleh batu karang dari pantai ya. Soalnya ada peraturan gak boleh mengambil batu karang dari pantai. Walaupun batu karangnya berserakan di pasir jangan d ambil ya.

Sayangnya kami gak sempet menikmati sunset disini, karena masih banyak agenda lain dan juga karna jalanan yang sepi dan kami semua pendatang jadi lebih baik cari gampangnya aja. Ah suatu saat pokoknya harus banget ngecamp di pantai gunung kidul.

 

Sayangi lingkungan, sayangi sampahmu

Berbicara soal lingkungan betapa mirisnya ketika kita melihat banyak sekali yang “melukai” alam kita, pembakaran hutan, perburuan hewan liar, tanah longsor, bahkan banjir. Sebenarnya semuanya berasal dari tangan manusia itu sendiri, lalu si pelaku hanya bisa menyalahkan alam yang marah. Padahal semua itu adalah reaksi atas apa yang telah dilakukan. Karena apabila ada aksi maka akan ada reaksi, alam pun mampu menimbulkan reaksi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga alam. Apabila kita tidak bisa menyadarkan para perusak alam, setidaknya kita bisa memulai dari diri sendiri untuk menyayangi alam, dan kemudian menstimulasi orang disekitar kita untuk berbuat sama bahkan lebih dari yang bisa kita lakukan. Banyak media yang bisa kita gunakan untuk menstimulasi orang-orang disekitar kita, dengan cara berdiskusi, memberikan contoh, atau lewat media internet atau lewat blog

Apabila kita hidup diperkotaan yang jauh dari alam liar banyak bisa kita lakukan, tidak buang sampah sembarangan, langkah kecil yang sangat bermanfaat untuk lingkungan. Ajak keluarga, teman agar memancing kesadaran mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Setidaknya tindakan kecil lebih berarti dibandingkan tidak pernah melakukan apapun.

Mendaur ulang barang tidak terpakai. Salah satu contoh kantong plastik. Masyarakat kita yang cenderung konsumtif dan gemar berbelanja pasti sangat lekat menggunakan kantong plastik. Dari mulai pasar tradisional sampai pasar modern memberikan plastik. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penggunaaannya bahkan tidak menggunakan kantong plastik sama sekali.

Caranya dengan membuat kantong belanja dari barang yang tidak terpakai. Masalah utama dari kantong kertas sebagai pengganti kantong plastik yaitu mudah basah dan pemakaiannya pun terbatas. Ada satu solusi yaitu dengan membuat kantong belanja dari kaos bekas. Pasti kita mempunyai kaos bekas yang sudah tidak terpakai kan ? Bisa disulap menjadi kantong belanja. Caranya simple, tinggal menjahit bagian bawah kemudian menggunting bagian lengan, jadilah tote bag. Lebih memuat banyak barang serta pemakaiannya bisa berulang kali. Setidaknya kita bisa mengurangi sampah plastik.

Selain plastik, bahan yang susah terurai di alam yaitu styroform. Kita bisa memanfaatkan limbah styrofom sebagai pernak pernik, hiasan, bahkan handycraft. Selain mengurangi sampah kita juga bisa menghasilkan barang bernilai jual.

Walaupun kertas mudah terurai tapi tidak ada salahnya kalau kita bisa memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat. Sebutlah roll tisu tolet, bisa kita sulap menjadi tempat pensil, tempat kuas make up, acssecories holder bahkan celengan. Selain itu tempat bekas telur bisa kita manfaatkan sebagai tempat menyimpan aksesoris dll. Box bekas sereal atau susu bisa kita manfaatkan sebagai tempat rak buku, frame foto, celengan.

Mendaur ulang sampah merupakan langkah kecil yang bisa kita mulai dari sekarang, caranya simple, tidak membutuhkan banyak alat. Kita hanya perlu memancing daya kreativitas dalam berkarya dan bereksperimen. Langkah kecil ini setidaknya bisa mengurangi beban alam kita, sekarang dan untuk masa yang akan datang.

Mari kawan-kawan sayangi alam, sayangi sampah mu, untuk anak cucu kita kelak. Agar mereka tidak menanggung beban atas apa yang telah dilakukan oleh leluhurnya. Kurangi penggunaan plastik dan styroform, mulailah memanfaatkan barang-barang disekitar kita. Mari kita mulai menyelamatkan lingkungan kita

Kala Rasa ini hadir di kaki Gunung Bromo

Kala Rasa ini hadir di kaki Gunung Bromo

Tetap Saja Kusebut (Dia) Cinta

Judul : Tetap saja Kusebut (Dia) Cinta

Penulis : Tasaro GK

Tebal : 264 halaman

Tahun terbit : 2003

Penerbit : Qanita PT Mizan Pusaka

 

Cover Novel Tetap Saja Kusebut (Dia) Cinta

Cover Novel Tetap Saja Kusebut (Dia) Cinta

Tasaro GK menyatukan kumpulan cerpennya menjadi sebuah novel, yang terdiri dari Puisi, Roman Psikopat, Galeri, Bukan Malaikat Rehat, Tetap Saja Kusebut (Dia)  Cinta, Tuhan Nggak Pernah Iseng, Separuh Mati, Atarih, dan Kangen Ibuk. Cerpen itu tersaji dalam 264 halaman.

Ada yang menarik di buku ini, disetiap cerita disuguhkan gambar yang menarik. Lukisan karya Dredha Gora ini layaknya lukisan, menyimpan rahasia. Setidaknya saat kita bosan melihat rentetan paragraf kita bisa dimanjakan dengan gambar-gambar full color serta warna layout yang menarik disetiap ceritanya. Apabila dilihat dari samping buku ini seperti pelangi.

IMG01093-20140327-0851

Ceritanya beragam, tidak melulu soal cinta, tapi tentang keluarga, bahkan kehidupan sosial. Jagoan cerita yang menjadi judul novel ini yaitu Tetap Saja Kusebut (Dia) Cinta, berkisah tentang sepasang anak manusia yang bertemu di kaki Gunung Brahma.

Seperempat abad yang lalu saat masih kanak-kanak, bermula saat diselamatkan ketika akan jatuh ke kawah Bromo dan sebuah kecupan dikening. Setelah itu hubungan mereka mulai terjalin baik dan sampai sekarang Arumdhati belum mengerti makna dibalik kecupan tanpa bahasa itu. Saat upacara ngrawut jagad digelar, itulah pertemuan terakhir mereka. Beberapa hari setelah ayahnya meninggal Arumdhati diajak oleh seorang mahasiswa untuk bekerja di Yogyakarta.

Mereka datang dari dua kehidupan yang berbeda. Angraka berasal dari keluarga Tengger kaki Bromo yang telah menganut agama Nabi selama beberapa generasi. Sedangkan Arumdhati mewarisi ajaran Hindu Parsi yang hidup di pedalaman Tengger.

Sepuluh tahun yang lalu dia mengunjungi kaki Bromo bertemu dengan ibu Angraka yang sekarang hidup sendirian dalam rumah papan beralaskan alang-alang. Dari ibunya lah terungkap bahwa Angraka pergi ke Surabaya untuk menjadi pelukis, disana dia bertemu dengan seorang gadis. Sejak saat itu hancurlah perasaannya, semua kenangan manis tergambar kembali dan semakin membuat dadanya sesak, semakin membuat air matanya tumpah. Kecupan itu tidak pernah bermakna apapun.

Setelah menerima gaji pertamanya sepuluh tahun yang lalu Angraka masih berdiam dalam pikirannya, rasa itu hanya bisa dia titipkan pada ibunya lewat setiap bingkisan, satu tahun satu bingkisan, satu kebahagiaan.

Disisi lain Angraka yang kini tinggal dipusat Jawa Timur telah bertransformasi menjadi pelukis yang sedang merancang pameran tunggalnya. Sudah banyak lukisan yang dibuat. Dari lukisan itu pula dia menghidupi dirinya dan kini sanggup menyewa rumah untuk studio lukis. Tapi ada satu lukisan yang tak sanggup dia beri judul. Sebuah lukisan yang menggambarkan gunung Bromo, ada kebahagiaan disana, ada kenangan masa kecil, kerinduan yang hanya bisa disalurkan lewat sapuan kuas.

Lukisan Bromo itu merupakan karya istimewa dari Angraka, dari lukisan inilah takdirnya mengiring dia kembali ke kaki Gunung Bromo, rumahnya. Saat Angrara kembali ke Bromo, ladang kenangan. Saat itu juga dia bertemu kembali dengan Arumdhati. Takdir yang mempertemukan mereka. Tak disangka bisikan hati mereka sama, menjelajah kenangan.

IMG01094-20140327-0852

Ibu Angraka meninggal sebulan setelah kedatangan Arumdhati, sepuluh tahun yang lalu. Selama ini bukan Ibunya yang menerima semua bingkisan itu, tapi Angraka sendiri. Setiap ramadhan dia selalu pulang untuk menunggu bingkisan Arumdhati dan berharap dia mengirimkan alamat lengkap tapi tidak pernah ada. Seperti biasa menjelang Ramadhan Angraka pulang untuk menunggu bingkisan Arumdhati, tapi tahun ini Arumdhati tidak bisa mengirimkan hadiah yang dia sukai sehingga dia datang sendiri untuk bertemu Ibu.

Ternyata ibu telah tiada, setiap membuka bingkisan Angraka selalu bercerita seolah-olah ibu ada disana, menceritakan apa yang dia terima. Mereka lama mengobrol, terungkap bahwa gadis yang diceritakan ibu hanya sahabat Angraka, seorang seniman yang selama ini membantu dia sampai bisa seperti sekarang.

Arumdhati melihat lukisan itu, lukisan pertama Angraka yang kebetulan dia bawa. Saat itu juga Angraka menemukan judul untuk lukisannya “Tetap Saja Kusebut Dia…” sambil menoleh ke Arumdhati “….Cinta” selama bertahun-tahun mereka memendam rasa yang sama.

Saat Angraka menyelenggarakan pameran tunggalnya di Surabaya disaat yang sama di Kaki Gunung Brahma, Arumdhati tengah tertawa dengan suara berbahagia, dikelilingi anak-anak tengger yang mengikuti gerakannya menarikan tangan dan kaki.

Begitulah kisah dari cerpen yang menjadi judul dari novel ini. Alur yang maju mundur mungkin akan membingungkan pembaca ketika dia tidak fokus. Serta ending yang kurang jelas bagi sebagian orang akan membingungkan dan membuat bertanya-tanya tentang statement Angraka dan kenyataan akhir ceritanya seperti apa.

Terapi Air (Terapi Balneo)

Air, setiap orang pasti mengenal air, bisa ditemukan dimana saja. Jumlahnya pun berlimpah. Tapi kalian tau gak kalo air selain untuk kita gunakan sehari-hari juga memiliki efek untuk terapi. Terapi ini disebut terapi air (Terapi Balneo).

Tugas utama air adalah memompa suhu panas dan dingin tubuh. Suhu panas tubuh berfungsi sebagai pendorong yang positif bagi energi tubuh berkat pengaruh air. Air merupakan sarana bagi suhu tubuh, panas ataupun dingin.

Ada beberapa terapi air, yaitu Terapi Pemandian Air Panas, Terapi Mandi dan Terapi Minum Air. Disini akan dijelaskan cara penggunaannya serta manfaat untuk tubuh.

photo from google

photo from google

Terapi Pemandian Air Panas : bertujuan untuk mengeluarkan keringat saat tubuh demam

  • Pemandian air hangat (30° C) : untuk mengobati beberapa penyakit peradangan.
  • Sauna : Terapi dengan uap air suhu tinggi untuk mengeluarkan keringat. Untuk memperbaiki sirkulasi darah, meringankan nyeri otot, melancarkan buang air seni, menjaga organ reproduksi.
  • Pemandian Mineral : air mineral mengandung cairan klorida, mengeluarkan panas belerang, unsur kimiawi memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Bermanfaat untuk rematik, hati, saraf dan kulit.

Terapi Mandi : mandi memiliki peranan penting yakni meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit kulit.

Penelitian menunjukan :

  • Penderita diabetes menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam baik air hangat dapat menurunkan kadar gula darah 13%
  • Apabila berendam 10 menit dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung.

Lamanya mandi pun memiliki manfaat untuk tubuh :

  • Eksim : dengan menambahkan NaHCO3 (berfungsi sebagai antiseptik) 500 g dalam bak air hangat kuku, berendam 10-20 menit.
  • Mengeluarkan racun : mandi air hangat (30°-35° C) selama 10-20 menit akan membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin, menyembuhkan sakit otot, menjaga usus besar bekerja.
  • Stress : mandi air dingin (12°-18°C) sangat baik meredakan ketegangan karna dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan kadar gula.
  • Flu dan sakit kepala : merendam kaki dalam air hangat sampai menutupi kaki dan perelangan kaki dan tambahkan beberapa tetes minyak permen, dilakukan selama 10-20 menit.
  • Infeksi (Sariawan) : berendam dengan air hangat ditambahkan sari buah apel dan 3-4 sendok teh cuka selama 15-20 menit, karena asam bisa mengeluarkan racun.
  • Insomnia : rendam kaki dengan air dingin sampai merasa kedinginan. Cara ini bermanfaat untuk kaki lelah, pendarahan hidung, flu, dan sembelit.
  • Sirkulasi : merendam kaki selang seling antara air dingin dan air hangat. Dengan merendam kaki di air hangat 2 menit kemudian kedalam air dingin 30 menit.

Terapi Minum Air

  • Meminum air 1-1,5 liter pada waktu bangun pagi sebelum gosok gigi
  • Sebelum gosok gigi enzim-enzim yang berada dalam air liur saat bangun tidur akan tertelan. Enzim ini akan membantu mengeluarkan racun usus, ginjal, hati, paru-paru, dan kulit. Enzim ini peka terhadap suhu panas sehingga dianjurkan minum air tidak panas atau hangat.
  • Manfaat lain terapi minum air untuk meremajakan darah, karena darah memperoleh oksigen dengan jumlah tercukupi dari air.
  • Manfaat yang akan dirasakan : tidak mudah lelah, jarang terserang penyakit misalnya flu, batuk karena metabolisme tubuh baik dan membuat sistem imun bekerja dengan baik

Nah, simple bukan ? Hanya dengan mandi dan minum air kita bisa meningkatkan kualitas hidup. Gak perlu obat-obatan, cukup dengan terapi air kualitas hidup akan lebih baik. Simple, murah dan mudah kan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Danken🙂

*Diambil dari mata kuliah Pengobatan Alternatif

Oleh N.C Soegiarso

Farmasi – Unisba 2012

Pilih-pilih program di Kampung inggris, pare

Kampung inggris, kalian pasti sudah gak asing lagi sama tempat ini. Kampung inggris atau lebih akrab dipanggil pare ini seperti kumpulan tempat les bahasa inggris dalam satu daerah. Ya, seperti itulah pare dalam pikiran saya. Tapi lebih dari itu, pare selalu punya cerita.

Oke, pare ini terletak di Kediri, jawa timur. Nah sebelum ngebahas pare, kita bahas dulu cara-cara menuju ke pare. Khususnya dari bandung.

Transportasi yang bisa digunakan yaitu pesawat dan kereta karena jaraknya sangat jauh. Perbedaan kedua jenis transportasi ini tentu gak usah dijelaskan, untuk pesawat kalian bakal berenti di Surabaya, nah dari Surabaya ke pare bisa menggunakan travel, harganya sekitar 70.000.

Bagi yang menggunakan kereta tersedia dua alternatif, pertama kereta Malabar jurusan Bandung – Malang yang terdiri dari gerbong eksekutif, bisnis, dan ekonomi harganya pun macem-macem dari ekonomi 170.000 sampai eksekutif 330.000. Karena termasuk kereta eksekutif maka buat kalian yang menggunakan kereta Malabar naiknya di Stasiun Bandung. Waktu keberangkatan dari bandung pukul 15.35 dan sampai di Kediri pukul 03.32.

Nah ini buat para backpacker juga bisa menggunakan kereta, yaitu kereta Kahuripan jurusan Kiaracondong – Kediri, kereta ekonomi AC ini harganya gak tentu. Kalo tarif normal 105.000 keberangkatan dari bandung, kalo disubsidi pemerintah jadi 50.000 (Subsidi hadir lagi April 2014). Tempatnya sih standar ekonomi, cuma enak udah ada AC. Karena kereta ekonomi jadi kalian naik dari stasiun Kiaracondong, jam keberangkatannya pukul 20.30 dan sampai di Kediri pukul 09.27.

Setelah sampai di stasiun Kediri kalian bisa menggunakan becak karena gak ada transportasi langsung menuju pare. Kalian bisa menggunakan becak sampai kantor pos besar, tinggal bilang aja mau ke pare, udah pada tau. Harganya sekitar 15.000 – 20.000 tergantung adu tawarnya. Nah udah gitu kalian nunggu angkot jurusan pare, mobil carry dengan penanda P, lama banget sih buat nunggu angkotnya entah karena armadanya yang kurang entah karena jaraknya yang jauh. Ogkosnya sekitar 15.000-20.000 kalo kalian bawa koper biasanya ditambah lagi biaya “bagasi”, angkot ini mengantar kalian sampe ke camp/office.

Nah sekarang kita bercerita soal pare, selain belajar bahasa inggris kalian juga bisa belajar bahasa daerah sama kebudayaan dari teman-teman terutama dari luar jawa. Mayoritas sih orang Sulawesi, banyak komunitas dan camp khusus orang Sulawesi. Enak ya, jadi berasa ada saudara kalo ketemu temen sedaerah di perantauan.

Dulu, saya ngecamp di Accuracy English course. Tau tempat les itu dari temen yang juga pernah ngajar di pare. Accuracy English course sendiri berada di jalan glagah, depan café syariah😀 sedangkan officenya di Jalan Anyelir. Cuma enaknya accuracy ini jauh dari hingar bingar kota, alaaaaah. Jauh dari jalan raya, jadi sepi dan gak banyak kendaraan yang lalu lalang. Kondusif buat belajar. Walaupun jauh dari jalan raya tapi disana gak susah nyari tempat makan ada an Nur yang harganya luar biasa murah, bikin melongo, ada juga tempat nongkrong yang kece buat galau atau sekedar nyanyi-nyanyi gak jelas, tepat depan camp yaitu Café Syariah atau lebih dikenal dengan “Uye”. Terus ada mak ketan juga, deket sih tinggal sepedahan atau jalan kaki juga bisa. Terkenal banget ini si emak, pasti kalo sore penuh sama yang nongkrong sekedar makan ketan atau ngopi-ngopi kece. Tapi emang enak banget ketan bubuknya duuh *ngiler* ditambah teh tarik anget atau kopi item, uuuh seksi. Masih banyak juga kok tempat nongkrong kece, ada bamboo town, batok, tempat makan khusus jamur, dll.

Kalo mau ke pare harus tetapkan tujuan dulu, mau main, belajar atau cari jodoh #gubraaag. Bukan bukan, maksudanya tujuan belajar kesana buat apa, ngejar skor toefl, ngejar speaking, atau broadcasting. FYI accuracy bakal ada program broadcast looh :p

Kalo kalian mau ngejar skor toefl sepertinya sebulan gak cukup deh ya (sesuai pengalaman) kecuali kalo basic grammar kalian udah kokoh sih hajar-hajar aja langsung ke toefl. Soalnya klo basic kita belum kuat ntar malah jadi terseok-seok, bukannya bisa malah jadi bingung. Kalo basic belum kuat coba ambil dulu program grammar for toefl atau pre toefl, itung-itung pemanasan sebelum ketemu toefl. Kalo menurut aku pribadi sih kalo cuma buat toefl gak usah ngambil yang basic grammar, langsung aja ke grammar for toefl, biar terfokus.

Soalnya emang yang paling bisa banget dilatih ya structure and written expression sama reading comprehension. Kalo listening sih sejalan kalian sering melakukan conversation telinga kalian pasti bakal terbiasa. Nah kalo ngambil program toefl siap-siap aja jadwal sehari padet, bisa 4-5x pertemuan, mabok mabok deh sama toefl. Banyak lembaga yang menyediakan jasa grammar for toefl, pre toefl, atau Toefl. Ada global English, kresna, booster, marvelous, elfast, test, dll. Harga buat lesnya juga termasuk yang paling mahal, karna pertemuannya yang sampe 4-5x per hari.

Kalo mau ngambil speaking banyak banget pilihannya, nah disarankan juga kalian ngambil program camp. Program camp itu ada kelas pagi sama kelas malem, kelas pagi biasa diisi sama talk more kalo kelas malem biasanya presentasi, debat, ceramah dll. Juga English area, mau gamau kita harus menggunakan bahasa inggris, kalo enggak dapet punishment. Selain itu kamu juga bisa ngambil beberapa kelas di luar, ada daffodils yang programnya persatu bulan, ada peace sm mr bob yang programnya perdua minggu, cuma kalo mau ngambil mr bob harus hati-hati milih program, soalnya disana ada kelas basic banget, buat teenagers. Buat speaking harganya pun relatif murah untuk perdua minggu 50.000 – 75.000, untuk perbulan bisa 165.000. pertemuannya hari sehari sekali dari senin sampai jumat.

Klo di pare kita harus bener-bener memanfaatkan waktu buat belajar, walaupun Cuma dari senin-jumat, karna sabtu minggu waktunya refreshing. Usahain buat berani ngomong, soalnya disana sistemnya emang berani malu, gak penting inggris logat sunda, strukturnya berantakan, gak pake grammar, kadang campur-campur karna lost vocab, its oke. Karna tahap pertama belajar ya berani, kalo gak berani kalian gak akan maju. Kalo kalian diem ya gak akan bisa. Karena yang namanya mempelajari bahasa itu harus banyak diaplikasikan, selain latihan dengan banyak nulis juga lewat conversation. Awal-awal diketawain gara-gara logat daerah masih kentel sih woles aja, itung-itung stand up comedi, pahala loh bikin orang seneng😀 tapi udah itu harus bisa mengevaluasi diri, biar gak diketawain lagi dan jangan kapok. Coba terus, mau dicubit tutor, diketawain temen2, stay cool aja dan pasang senyum termanis. Hahaha

FYI pare itu bisa bikin gendut loh, kenapa ? karna kemana-kemana kalian pake sepeda dari pagi sampe malem, panas keringetan dan ujung-ujungnya laper. Selain itu makanan disini teramat sangat murah, jadi mau makan atau jajan sebanyak apapun gak takut kere. Beda bgt sm di bandung nahan nafsu gara-gara dompet. Oke pulang dari pare bawa 3 kg lemak di pipi, sekilas info, thanks !

Jangan khawatir disini juga kita dilatih buat sehat dan disiplin (khususnya untuk yang tinggal di camp). Selain olahraga bersepedah kalian juga bakal kena punishment cuci wc kalo melanggar, haha. Kapan lagi coba. Kelas pagi ini dimulai jam 05.00 gak lebih, jadi sebelum jam 5 kita harus udah bangun, sholat, kalo mau fresh mandi juga bisa, gak dingin kok, sumpah. Kelas pagi ini dari jam 5.00 – 06.00 dari hari senin sampai jumat. Sabtu minggu bebas deh mau bangun jam 5 sore juga. Kalo kalian bangun telat dapet punishmen, bisa berupa uang (yang dipake buat ntar masak-masak pas weekend) atau nyuci wc -,-

Selain disiplin bangun pagi kalian harus disiplin pulang malem. Batas pulang malem hari senin-jumat pukul 21.00, untuk weekend jam 22.00. kalo kalian datang ke camp dan udah d gembok, panggil tutor dan dapet hadiah cuci wc. Ini bakal kerasa menyiksa buat anak-anak nongkrong, beda banget sama di bandung atau Jakarta yang udah gak kenal jam malem. Ini juga mengikat hasrat nongkrong sampe larut malem, sadar diri ini bukan bandung. Walaupun adaptasinya susah dan hampir setiap hari selalu cuci wc gara-gara pulang telat sih itu biasa, nikmatin aja sob😀 haha. Selain disiplin kita disini juga diajak untuk mempertebal iman dengan membaca surat yasin setiap kamis malem.

Kalo kalian berniat ke pare, usahakan dateng beberapa hari sebelum kelas dimulai, nah setiap periode dibuka tanggal 10 dan 25. untuk program bulanan hanya dibuka pada tanggal 10 saja. biasanya juga klo daftar H-1 ada beberapa kelas yang biasanya cepet banget full, speperti beberapa kelas di Peace jadi kalo ada temen atau kerabat lebih baik minta di booking, jaga-jaga biar dapet kelas.

Nah Ini episode pare, episode penuh cerita dan canda. Disana selain dapet ilmu, kita bertemu teman dan dapet keluarga baru. Ah selalu merindukan pare🙂