History of Manchester United

Manchester United didirikan pada 1878 dengan nama Newton Heath L&YR FC. Pemainnya adalah pekerja-pekerja depot Lancashire and Yorkshire Railway (L&YR) di Newton Heath. Saat itu kostum klub berwarna separuh hijau dan separuh lagi berwarna emas. Klub ini bermain di lapangan kecil di North Road, tepatnya dekat stasiun kereta api Manchester Piccadilly selama 15 tahun, sebelum pindah ke Bank Street dekat Koa Clayton pada 1893.

Setelah beberapa waktu klub ini menjadi klub mandiri, memiliki secretariat, dan mengubah nama menjadi Newton Heath FC-membuang kata “R&YR”-ketika bergabung ke Football League. Namun, ketika Football League dimulai pada 1888, Newton Heath belum cukup mampu untuk bersaing dengan anggota pendiri seperti Blackburn Rovers dan Preston North End. Mereka menunggu sampai 1892 untuk memasuki Football League.

Saat krisis keuangan melanda yang menyebabkan klub hampir bangkrut, klub mendapatkan investasi dari John Henry Davies, pemilik Manchester Breweries, pengusaha minimum lokal. Akhirnya kepemilikan klub berpindah ke tangan Davies.

Setelah kepemilikan Newton Heath FC Davies, menyarankan penggantian nama klub. Akhirnya Louise Rocca, imigran muda asal Italia mencetuskan nama Manchester United untuk pertama kalinya. “Gentlemen, why don’t we call ourselves Manchester United ?” katanya. Akhirnya, berganti namalah menjadi Manchester United FC sebagai nama klub menggantikan Newton Heath FC. Peristiwa ini terjadi pada 26 April 1902.

Perubaha tidak hanya terjadi pada nama klub saja melainkan mengganti juga warna kostum. Meninggalkan warna separuh hijau dan separuh emas, menggantinya dengan warna merah dan putih sebagai warna dari Manchester United FC.

Kata “Old Trafford” mulai menjadi tradisi MU untuk pertama kalinya ketika musim 1909/1910. Old Trafford adalah sebuah lahan tempat stadion tersebut dibangun, dibeli oleh Mancester Brewery Company dan disewakan kepada MU. Davies sendiri membiayai pembangunan dimulai pada 1908 dengan arsitek Archibald Leitch. Pada 1910, MU pindah dari markas lamanya Bank Street ke stadion ini.

United menjuarai liga untuk pertama kalinya di Old Trafford pada Musim 1910/1911 dan yang kedua kali di liga.

Disunting dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s