Tulang Paha dan Menara Eiffel

Selasa (13/07/2010), kuliah Biologi sel (Biosel) sedikit berbeda. Dengan dosen yang baru, metode mengajarnyapun asyik, tidak membosankan. Diselingi dengan nonton sebuah film yang mendeskripsikan fungsi organ tubuh manusia. Subhanallah sekali kekusaan Allah.

Seperfect ini ciptaannya, bahkan sel bagian yang tak tampak oleh mata dapat bekerja dengan begitu baiknya.

Yang melekat diingatan saya diawal film itu, dimana Zack sang pemandu di film itu mengajak untuk memperhatikan tulang paha manusia. Tulang paha manusia menjadi tumpuan tubuh kita. Dapat menahan berat sampai ratusan kg. Subhanallah.

FYI, Menara Eiffel yang terkenal di dunia pun meniru struktur pada tulang paha manusia.

Gustave Eiffel, seorang insinyur yang merancang pembangunan Menara Eiffel. Terinspirasi dari tulang paha manusia. Dia mengamati system yang terbentuk pada paha manusia. Terutama menilik pada bagian ujung tulang paha yang menyerupai sarang lebah.

Dia tidak menggunakan besi terlalu banyak pada kerangkanya, karena hal itu akan membuat menara cepat roboh karena bebannya sendiri. Pembangunannya dipusatkan pada penyangga menara, yaitu kakinya.

Tempat yang menyerupai sarang madu pada tulang paha manusia berfungsi untuk mengantarkan sinyal

Menara Eiffel pun dibangun dengan jeruji bak sangkar, persis seperti pada tulang paha. Diperlukan waktu lebih dari 26 tahun, sejak tahun 1887, untuk menyelesaikan menara berketinggian 321 dan berbobot sekitar 9.000 ton ini. Demikianlah, keajaiban dari Allah pada tubuh manusia telah menjadi sumber ilham bagi teknologi. Kini, pengetahuan mengenai alam telah dimanfaatkan di banyak bidang, dari teknik rancang bangun hingga kesehatan. Dan pengetahuan ini telah memicu munculnya satu cabang baru ilmu pengetahuan: Biomimetika.

Ilmu biomimetika mempelajari rancangan atau desain di alam, dan menciptakan pemecahan masalah berdasarkan rancangan ini. Alasan mengapa rancangan di alam sedemikian sempurna sehingga mengilhami teknologi adalah karena seluruh alam ciptaan Allah. Allah yang Mahakuasa menyingkapkan contoh kearifanNya yang tak terhingga pada makhluk yang Dia ciptakan. (Majalah Insight)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s