Film Knowing dan Ketentuan Allah

Fil Knowing

Kali ini bukan mengulas Review atau Resensi dari Film Knowing, tapi mengupas dan mengaitkan apa yang terkandung dalam Film ini dan Al Quan. Bukan maksud untuk menghakimi atau seperti apa, tapi ini hanya karena keingintahuan akan peristiwa yang terjadi pada Film Knowing dengan apa yang telah dipaparkan dalam Al Quran. Bukan berarti setuju dengan pendapat dari kejadian Film ini. Bukan maksud untuk menyalahkan tetapi, menilik dari sudut pandang Islam.

Film ini berawal dari pembukaan kapsul waktu yang setelah 50 tahun terkubur di sekolah. Berawal pada tahun 1959 semua murid menuliskan masa depannya dalam bentuk gambar, tetapi lain hal yang dilakukan oleh salah satu siswi. dia menuliskan rentetan angka sampai memenuhi kertas itu. Rentetan angka itu terungkap pada 2009 oleh orang tua murid ( Nicolas Cage ) yang anaknya menerima amplop tersebut.

Rentetan angka tersebut dikaji dan ternyata itu merupakan peristiwa besar (bencana) di dunia selama kurun waktu 50 tahun (tepat dari 1959 sampai 2009) dengan urutan waktu, jumlah korban, dan lokasi.

Mungkin anak ini bisa meramalkan kejadian yang akan terjadi bahkan kiamat, tetapi dia sendiri tidak bisa mencegah terjadinya bencana itu. karena memang itu takdir tuhan yang tidak seorang pun bisa mencegahnya.

Di dunia ini ada orang yang bisa menerawang masa depan dengan kode atau pertanda yang terlintas dalam pikirannya, tetapi walaupun begitu kita sebagai manusia hanya mampu melihat atau memprediksi tanpa bisa mencegah takdir Tuhan.

Berikut dalil-dalil dalam Al Quran yang menegaskan bahwa Takdir hanya Allah yang menentukan.

“ Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” [ Al Hadid : 22 ]

“Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)” [ Al An’am : 59 ]

“Mereka berkata: “Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?.” Katakanlah: “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah.” Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: “Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini.” Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.”
[ Ali Imron : 154]

Sepenggal ayat-ayat yang bisa kita kaji sendiri, bahwasanya segala sesuatu (takdir) itu sudah Allah gariskan sebelum kita diciptakan, subhanallah. Sehebat-hebatnya manusia sepintar-pintarnya manusia, tetap dia tidak bisa mengendalikan takdirnya, bahkan takdir untuk dirinya sendiri. Menentukan takdir manusia hal yang sangat mudah bagi Allah, kenapa tidak ?? Dia lah yang menciptakan seluruh isi dunia, kita semua milik Nya dan kita tidak bisa apa2.

Ini bukan berarti kita harus pasrah pada takdir, kita tetap harus berusaha dengan jalan yang baik pastinya. Selebihnya kita serahkan pada Allah dengan doa.  Sedikit meluruskan takdir yg saya dimaksud diatas lebih ke bencana (ini karena bahasan kita seputar bencana pada Film Knowing).

Langsung ke Akhir cerita pada Film ini yaitu Kiamat, tidak ada seorang pun yang tahu kapan kiamat akan terjadi. Kiamat merupakan akhir kehidupan di dunia bagi semua makhluk.

Dalil Alquran yang berkaitan dengan Kiamat.

“Telah dekat terjadinya Hari Kiamat. Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah”(Q.S an-Najm : 57-58)

Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir : “Kapankah terjadinya ?”. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS AL-A’raaf :187)

Secanggih-canggihnya alat yang manusia ciptakan, tetap Hari kiamat adalah rahasia Allah.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda :

Abu Hurairah berkata, “Nabi bersabda, ‘Tidak akan tiba hari kiamat sehingga ilmu pengetahuan (agama) dilenyapkan, banyak gempa bumi, masa saling berdekatan (semakin singkat), banyak timbul fitnah, banyak huru-hara yaitu pembunuhan, hingga harta benda melimpah ruah di antara kamu.”

(Hadits Riwayat Bukhari, Muslim dan Abu Daud)

“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.”

(Hadits Riwayat Ahmad)

Dan untuk dua anak yang diselamatkan semacam alien entah malaikat dan dibawa ke suatu tempat dengan pesawat luar angkasa super canggih (dalam Film), dalam pandangan islam ini dimana manusia diantar dan dibawa ke alam keabadian yang sesungguhnya.

“Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman, ‘Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebagian dari cahayamu.’ Ketika itu dikatakan kepada mereka, ‘Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya untukmu.” Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang yang beriman) seraya berkata, ‘Bukankah kami dahulu bersama-sama kalian?’ Mereka menjawab, ‘Benar, akan tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri dan menunggu kehancuran kami dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah, dan kamu telah ditipu terhadap Allah oleh setan yang amat menipu.’ Maka pada hari ini tidak diterima tebusan darimu dan tidak pula dari orang-orang kafir. Tempat kamu adalah neraka, itulah tempat berlindungmu dan seburuk-buruknya tempat kembali bagimu.” (QS. Al-Hadid:13-15)

Sekian penjelasan singkat, sebenarnya bukan lebih ke penjelasan tetapi hanya pemaparan antara Film dengan Islam. Walaupun sekarang-sekarang banyak sekali Film yang mengenai Hari Akhir yaitu Kiamat. Semoga bermanfaat, mohon dikaji apabila terdapat kekeliruan. Ini bukan untuk menyindir ataupun menyalahkan pihak-pihak tertentu. Murni karena rasa ingin tahu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s