Proses Perizinan Industri Rumah Tangga – PIRT

sedikit berbagi informasi aja nih ya, seputar perizinan mendapatkan No Registrasi dari Depkes. khususnya untuk industri rumah tangga. kebayang gak yang kayak gimana ?? Itu loh kalo dikemasan makanan skala kecil no registrasinya itu dimulai dengan PIRT ……. ini lah no registrasi yang wajib punya buat industri rumah tangga yang akan melebarkan sayap dan merangkak naik ke pasaran.

Proses perizinannya itu dengan cara mendaftar ke dinas kesehatan kota ditempat yang menjadi tempat pruduksi industri tersebut. Unntuk Kota bandung (soalnya pernah daftar kesini), kita gak perlu bayar buat daftar. cuma datengin ke depkes kota (Depan Pusdai) lalu daftar deh. Daftarnya ?? gratiiiiis.

Nah dalam formulir tersebut kita harus mengisi beberapa data yang berhubungan dengan proses produksi, alat produksi, kebersihan, sumber daya manusia. pokoknya mendetail, menjamin keamanan konsumen juga. gimana jadinya kalo tempat produksinya tidak layak, kurang higienis, bisa-bisa mengancam kesehatan konsumen kan😦 selain yang berhubungan dengan produksi pastinya SDM nya pun harus sehat, ini dibuktikan dengan berkas dari puskesmas terdekat yang menyatakan keadaan sehat sdm nya. setelah berkas kumplit maka akan ada peninjauan oleh tim peninjau perwakilan dari depkes, bisa orangnya langsung ataupun perwakilan dari puskesmas terdekat.

Sebelumnya, SDM yang berhubungan dengan proses produksi ataupun pihak yang berhubungan dengan industri rumah tangga ini mengikuti penyuluhan selama satu hari. memang dipungut biaya tetapi tidak disebutkan disini, karena biaya ini dibantu dengan asosiasi lain yang bekerjasama dengan depkes.

Berkas lengkap, Penyuluhan beres, peninjauan sukses, naaah sertifikat PIRT bisa terbit. dan tentunya bisa dicantumkan dalam kemasan kita. Praktis dan mudahkan prosesnya ??? So, tunggu apalagi ?? daftarkan produk kita sekarang, agar mudah melebarkan sayaaaap😀

4 thoughts on “Proses Perizinan Industri Rumah Tangga – PIRT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s