Kenalan yuk sama infused water

Gaya hidup sehat sekarang emang lagi ngehits banget. Terutama fenomena untuk kembali memanfaatkan bahan-bahan alami, istilah kerennya sih back to nature. Salah satunya minuman yang sekarang banyak dikonsumsi yaitu infused water.

infused water itu minuman yang terdiri dari air dan beberapa potong buah-buahan. Secara ilmiahnya infused water dikenal dengan nama ekstraksi dingin, yaitu maserasi. Karena prinsipnya hampir sama dengan ekstraksi. Ekstraksi sendiri merupakan peristiwa pemindahan zat aktif  dari buah atau daun ke larutan penyari (pelarut).

infused water menggunakan pelarut berupa air. Metodenya dengan merendam beberapa potong buah kedalam air, kemudian didiamkan beberapa jam, biasaanya sekitar dua jam sampai tiga jam. Pada jangka waktu itulah terjadi proses ekstraksi. Tidak membutuhkan waktu lama karena pelarut yang digunakan pun biasanya tidak lebih dari 250 ml.

Kebanyakan infused water menggunakan buah-buahan yang memiliki sifat acid (asam). Pelarut yang digunakan yaitu air yang memiliki sifat polar. Secara prinsip apabila pelarut polar akan menarik zat yang bersifat polar juga, istilah ini dikenal dengan “like dissolve like”. Sedangkan buah-buahan yang memiliki sifat asam kebanyakan mengandung vitamin C. vitamin C sendiri merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Nah maka dari itu, dengan menggunakan pelarut air, senyawa yang paling efektif untuk diambil yaitu zat yang larut dalam air yaitu vitamin C. Masuk akal bukan ?

Contoh buah-buahan yang mengandung vitamin C lemon, stroberi, jeruk, mangga, kiwi, nanas, dan belimbing dll. Nah, sekarang kenapa anggur tidak bisa digunakan ? anggur mengandung betakaroten, yg oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A. sedangkan betakaroten itu merupakan zat yang tidak larut dalam air, dia larut dalam lipid. Sehingga percuma apabila kita menggunakan anggur sebagai infused water, karna zat aktifnya tidak bisa tersari.

Untuk membuat infused water sangat simple, kita butuh air matang sekitar 100-250 ml dan beberapa potong buah-buahan yang sudah dicuci bersih. Buahnya tidak perlu dikupas, cukup dipotong-potong saja, disesuaikan dengan berapa ml air yang dipakai. Tidak hanya satu jenis buah, bisa juga dikombinasikan dengan beberapa buah atau bisa juga ditambahkan daun mint untuk menambah kesegaran.

Sebaiknya tempat yang digunakan untuk infused water terbuat dari gelas. Kamu bisa menggunakan botol kaca atau kalo tidak ada bisa menggunakan toples. dan tentunya dengan wadah yang disertai tutup. setelah penyarian kmu bisa memindahkan ke tempat lain.

Photo from google

Photo from google

Setelah buah dimasukan kedalam air, kemudian didiamkan sekitar 2-3 jam. Bisa disimpan di dalam kulkas agar lebih fresh. Setelah selesai kita hanya perlu meminum infused water. Tapi buah yang sudah kita gunakan sebaiknya dibuang, tak perlu dikonsumsi. Karena zat aktif dalam buah itu sudah tersari ke dalam air. infused water juga bisa bertahan disimpan dalam kulkas selama 5-6 jam.

Manfaat infused water juga beragam, sama seperti manfaat pada vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercantik kulit,  tapi bagi orang dengan riwayat maag kronis sebaiknya mengkonsumsi infused water tidak dalam keadaan perut kosong, setidaknya sudah terisi makanan. Mencegah kumatnya penyakit maag, karena vitamin c bersifat asam.

Nah, sekian penjelasan singkat mengenai infused water, semoga bermanfaat guys

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s