Pilih-pilih program di Kampung inggris, pare

Kampung inggris, kalian pasti sudah gak asing lagi sama tempat ini. Kampung inggris atau lebih akrab dipanggil pare ini seperti kumpulan tempat les bahasa inggris dalam satu daerah. Ya, seperti itulah pare dalam pikiran saya. Tapi lebih dari itu, pare selalu punya cerita.

Oke, pare ini terletak di Kediri, jawa timur. Nah sebelum ngebahas pare, kita bahas dulu cara-cara menuju ke pare. Khususnya dari bandung.

Transportasi yang bisa digunakan yaitu pesawat dan kereta karena jaraknya sangat jauh. Perbedaan kedua jenis transportasi ini tentu gak usah dijelaskan, untuk pesawat kalian bakal berenti di Surabaya, nah dari Surabaya ke pare bisa menggunakan travel, harganya sekitar 70.000.

Bagi yang menggunakan kereta tersedia dua alternatif, pertama kereta Malabar jurusan Bandung – Malang yang terdiri dari gerbong eksekutif, bisnis, dan ekonomi harganya pun macem-macem dari ekonomi 170.000 sampai eksekutif 330.000. Karena termasuk kereta eksekutif maka buat kalian yang menggunakan kereta Malabar naiknya di Stasiun Bandung. Waktu keberangkatan dari bandung pukul 15.35 dan sampai di Kediri pukul 03.32.

Nah ini buat para backpacker juga bisa menggunakan kereta, yaitu kereta Kahuripan jurusan Kiaracondong – Kediri, kereta ekonomi AC ini harganya gak tentu. Kalo tarif normal 105.000 keberangkatan dari bandung, kalo disubsidi pemerintah jadi 50.000 (Subsidi hadir lagi April 2014). Tempatnya sih standar ekonomi, cuma enak udah ada AC. Karena kereta ekonomi jadi kalian naik dari stasiun Kiaracondong, jam keberangkatannya pukul 20.30 dan sampai di Kediri pukul 09.27.

Setelah sampai di stasiun Kediri kalian bisa menggunakan becak karena gak ada transportasi langsung menuju pare. Kalian bisa menggunakan becak sampai kantor pos besar, tinggal bilang aja mau ke pare, udah pada tau. Harganya sekitar 15.000 – 20.000 tergantung adu tawarnya. Nah udah gitu kalian nunggu angkot jurusan pare, mobil carry dengan penanda P, lama banget sih buat nunggu angkotnya entah karena armadanya yang kurang entah karena jaraknya yang jauh. Ogkosnya sekitar 15.000-20.000 kalo kalian bawa koper biasanya ditambah lagi biaya “bagasi”, angkot ini mengantar kalian sampe ke camp/office.

Nah sekarang kita bercerita soal pare, selain belajar bahasa inggris kalian juga bisa belajar bahasa daerah sama kebudayaan dari teman-teman terutama dari luar jawa. Mayoritas sih orang Sulawesi, banyak komunitas dan camp khusus orang Sulawesi. Enak ya, jadi berasa ada saudara kalo ketemu temen sedaerah di perantauan.

Dulu, saya ngecamp di Accuracy English course. Tau tempat les itu dari temen yang juga pernah ngajar di pare. Accuracy English course sendiri berada di jalan glagah, depan café syariah😀 sedangkan officenya di Jalan Anyelir. Cuma enaknya accuracy ini jauh dari hingar bingar kota, alaaaaah. Jauh dari jalan raya, jadi sepi dan gak banyak kendaraan yang lalu lalang. Kondusif buat belajar. Walaupun jauh dari jalan raya tapi disana gak susah nyari tempat makan ada an Nur yang harganya luar biasa murah, bikin melongo, ada juga tempat nongkrong yang kece buat galau atau sekedar nyanyi-nyanyi gak jelas, tepat depan camp yaitu Café Syariah atau lebih dikenal dengan “Uye”. Terus ada mak ketan juga, deket sih tinggal sepedahan atau jalan kaki juga bisa. Terkenal banget ini si emak, pasti kalo sore penuh sama yang nongkrong sekedar makan ketan atau ngopi-ngopi kece. Tapi emang enak banget ketan bubuknya duuh *ngiler* ditambah teh tarik anget atau kopi item, uuuh seksi. Masih banyak juga kok tempat nongkrong kece, ada bamboo town, batok, tempat makan khusus jamur, dll.

Kalo mau ke pare harus tetapkan tujuan dulu, mau main, belajar atau cari jodoh #gubraaag. Bukan bukan, maksudanya tujuan belajar kesana buat apa, ngejar skor toefl, ngejar speaking, atau broadcasting. FYI accuracy bakal ada program broadcast looh :p

Kalo kalian mau ngejar skor toefl sepertinya sebulan gak cukup deh ya (sesuai pengalaman) kecuali kalo basic grammar kalian udah kokoh sih hajar-hajar aja langsung ke toefl. Soalnya klo basic kita belum kuat ntar malah jadi terseok-seok, bukannya bisa malah jadi bingung. Kalo basic belum kuat coba ambil dulu program grammar for toefl atau pre toefl, itung-itung pemanasan sebelum ketemu toefl. Kalo menurut aku pribadi sih kalo cuma buat toefl gak usah ngambil yang basic grammar, langsung aja ke grammar for toefl, biar terfokus.

Soalnya emang yang paling bisa banget dilatih ya structure and written expression sama reading comprehension. Kalo listening sih sejalan kalian sering melakukan conversation telinga kalian pasti bakal terbiasa. Nah kalo ngambil program toefl siap-siap aja jadwal sehari padet, bisa 4-5x pertemuan, mabok mabok deh sama toefl. Banyak lembaga yang menyediakan jasa grammar for toefl, pre toefl, atau Toefl. Ada global English, kresna, booster, marvelous, elfast, test, dll. Harga buat lesnya juga termasuk yang paling mahal, karna pertemuannya yang sampe 4-5x per hari.

Kalo mau ngambil speaking banyak banget pilihannya, nah disarankan juga kalian ngambil program camp. Program camp itu ada kelas pagi sama kelas malem, kelas pagi biasa diisi sama talk more kalo kelas malem biasanya presentasi, debat, ceramah dll. Juga English area, mau gamau kita harus menggunakan bahasa inggris, kalo enggak dapet punishment. Selain itu kamu juga bisa ngambil beberapa kelas di luar, ada daffodils yang programnya persatu bulan, ada peace sm mr bob yang programnya perdua minggu, cuma kalo mau ngambil mr bob harus hati-hati milih program, soalnya disana ada kelas basic banget, buat teenagers. Buat speaking harganya pun relatif murah untuk perdua minggu 50.000 – 75.000, untuk perbulan bisa 165.000. pertemuannya hari sehari sekali dari senin sampai jumat.

Klo di pare kita harus bener-bener memanfaatkan waktu buat belajar, walaupun Cuma dari senin-jumat, karna sabtu minggu waktunya refreshing. Usahain buat berani ngomong, soalnya disana sistemnya emang berani malu, gak penting inggris logat sunda, strukturnya berantakan, gak pake grammar, kadang campur-campur karna lost vocab, its oke. Karna tahap pertama belajar ya berani, kalo gak berani kalian gak akan maju. Kalo kalian diem ya gak akan bisa. Karena yang namanya mempelajari bahasa itu harus banyak diaplikasikan, selain latihan dengan banyak nulis juga lewat conversation. Awal-awal diketawain gara-gara logat daerah masih kentel sih woles aja, itung-itung stand up comedi, pahala loh bikin orang seneng😀 tapi udah itu harus bisa mengevaluasi diri, biar gak diketawain lagi dan jangan kapok. Coba terus, mau dicubit tutor, diketawain temen2, stay cool aja dan pasang senyum termanis. Hahaha

FYI pare itu bisa bikin gendut loh, kenapa ? karna kemana-kemana kalian pake sepeda dari pagi sampe malem, panas keringetan dan ujung-ujungnya laper. Selain itu makanan disini teramat sangat murah, jadi mau makan atau jajan sebanyak apapun gak takut kere. Beda bgt sm di bandung nahan nafsu gara-gara dompet. Oke pulang dari pare bawa 3 kg lemak di pipi, sekilas info, thanks !

Jangan khawatir disini juga kita dilatih buat sehat dan disiplin (khususnya untuk yang tinggal di camp). Selain olahraga bersepedah kalian juga bakal kena punishment cuci wc kalo melanggar, haha. Kapan lagi coba. Kelas pagi ini dimulai jam 05.00 gak lebih, jadi sebelum jam 5 kita harus udah bangun, sholat, kalo mau fresh mandi juga bisa, gak dingin kok, sumpah. Kelas pagi ini dari jam 5.00 – 06.00 dari hari senin sampai jumat. Sabtu minggu bebas deh mau bangun jam 5 sore juga. Kalo kalian bangun telat dapet punishmen, bisa berupa uang (yang dipake buat ntar masak-masak pas weekend) atau nyuci wc -,-

Selain disiplin bangun pagi kalian harus disiplin pulang malem. Batas pulang malem hari senin-jumat pukul 21.00, untuk weekend jam 22.00. kalo kalian datang ke camp dan udah d gembok, panggil tutor dan dapet hadiah cuci wc. Ini bakal kerasa menyiksa buat anak-anak nongkrong, beda banget sama di bandung atau Jakarta yang udah gak kenal jam malem. Ini juga mengikat hasrat nongkrong sampe larut malem, sadar diri ini bukan bandung. Walaupun adaptasinya susah dan hampir setiap hari selalu cuci wc gara-gara pulang telat sih itu biasa, nikmatin aja sob😀 haha. Selain disiplin kita disini juga diajak untuk mempertebal iman dengan membaca surat yasin setiap kamis malem.

Kalo kalian berniat ke pare, usahakan dateng beberapa hari sebelum kelas dimulai, nah setiap periode dibuka tanggal 10 dan 25. untuk program bulanan hanya dibuka pada tanggal 10 saja. biasanya juga klo daftar H-1 ada beberapa kelas yang biasanya cepet banget full, speperti beberapa kelas di Peace jadi kalo ada temen atau kerabat lebih baik minta di booking, jaga-jaga biar dapet kelas.

Nah Ini episode pare, episode penuh cerita dan canda. Disana selain dapet ilmu, kita bertemu teman dan dapet keluarga baru. Ah selalu merindukan pare🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s