Terapi Air (Terapi Balneo)

Air, setiap orang pasti mengenal air, bisa ditemukan dimana saja. Jumlahnya pun berlimpah. Tapi kalian tau gak kalo air selain untuk kita gunakan sehari-hari juga memiliki efek untuk terapi. Terapi ini disebut terapi air (Terapi Balneo).

Tugas utama air adalah memompa suhu panas dan dingin tubuh. Suhu panas tubuh berfungsi sebagai pendorong yang positif bagi energi tubuh berkat pengaruh air. Air merupakan sarana bagi suhu tubuh, panas ataupun dingin.

Ada beberapa terapi air, yaitu Terapi Pemandian Air Panas, Terapi Mandi dan Terapi Minum Air. Disini akan dijelaskan cara penggunaannya serta manfaat untuk tubuh.

photo from google

photo from google

Terapi Pemandian Air Panas : bertujuan untuk mengeluarkan keringat saat tubuh demam

  • Pemandian air hangat (30° C) : untuk mengobati beberapa penyakit peradangan.
  • Sauna : Terapi dengan uap air suhu tinggi untuk mengeluarkan keringat. Untuk memperbaiki sirkulasi darah, meringankan nyeri otot, melancarkan buang air seni, menjaga organ reproduksi.
  • Pemandian Mineral : air mineral mengandung cairan klorida, mengeluarkan panas belerang, unsur kimiawi memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Bermanfaat untuk rematik, hati, saraf dan kulit.

Terapi Mandi : mandi memiliki peranan penting yakni meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit kulit.

Penelitian menunjukan :

  • Penderita diabetes menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam baik air hangat dapat menurunkan kadar gula darah 13%
  • Apabila berendam 10 menit dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung.

Lamanya mandi pun memiliki manfaat untuk tubuh :

  • Eksim : dengan menambahkan NaHCO3 (berfungsi sebagai antiseptik) 500 g dalam bak air hangat kuku, berendam 10-20 menit.
  • Mengeluarkan racun : mandi air hangat (30°-35° C) selama 10-20 menit akan membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin, menyembuhkan sakit otot, menjaga usus besar bekerja.
  • Stress : mandi air dingin (12°-18°C) sangat baik meredakan ketegangan karna dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan kadar gula.
  • Flu dan sakit kepala : merendam kaki dalam air hangat sampai menutupi kaki dan perelangan kaki dan tambahkan beberapa tetes minyak permen, dilakukan selama 10-20 menit.
  • Infeksi (Sariawan) : berendam dengan air hangat ditambahkan sari buah apel dan 3-4 sendok teh cuka selama 15-20 menit, karena asam bisa mengeluarkan racun.
  • Insomnia : rendam kaki dengan air dingin sampai merasa kedinginan. Cara ini bermanfaat untuk kaki lelah, pendarahan hidung, flu, dan sembelit.
  • Sirkulasi : merendam kaki selang seling antara air dingin dan air hangat. Dengan merendam kaki di air hangat 2 menit kemudian kedalam air dingin 30 menit.

Terapi Minum Air

  • Meminum air 1-1,5 liter pada waktu bangun pagi sebelum gosok gigi
  • Sebelum gosok gigi enzim-enzim yang berada dalam air liur saat bangun tidur akan tertelan. Enzim ini akan membantu mengeluarkan racun usus, ginjal, hati, paru-paru, dan kulit. Enzim ini peka terhadap suhu panas sehingga dianjurkan minum air tidak panas atau hangat.
  • Manfaat lain terapi minum air untuk meremajakan darah, karena darah memperoleh oksigen dengan jumlah tercukupi dari air.
  • Manfaat yang akan dirasakan : tidak mudah lelah, jarang terserang penyakit misalnya flu, batuk karena metabolisme tubuh baik dan membuat sistem imun bekerja dengan baik

Nah, simple bukan ? Hanya dengan mandi dan minum air kita bisa meningkatkan kualitas hidup. Gak perlu obat-obatan, cukup dengan terapi air kualitas hidup akan lebih baik. Simple, murah dan mudah kan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Danken🙂

*Diambil dari mata kuliah Pengobatan Alternatif

Oleh N.C Soegiarso

Farmasi – Unisba 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s