Sayangi lingkungan, sayangi sampahmu

Berbicara soal lingkungan betapa mirisnya ketika kita melihat banyak sekali yang “melukai” alam kita, pembakaran hutan, perburuan hewan liar, tanah longsor, bahkan banjir. Sebenarnya semuanya berasal dari tangan manusia itu sendiri, lalu si pelaku hanya bisa menyalahkan alam yang marah. Padahal semua itu adalah reaksi atas apa yang telah dilakukan. Karena apabila ada aksi maka akan ada reaksi, alam pun mampu menimbulkan reaksi.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga alam. Apabila kita tidak bisa menyadarkan para perusak alam, setidaknya kita bisa memulai dari diri sendiri untuk menyayangi alam, dan kemudian menstimulasi orang disekitar kita untuk berbuat sama bahkan lebih dari yang bisa kita lakukan. Banyak media yang bisa kita gunakan untuk menstimulasi orang-orang disekitar kita, dengan cara berdiskusi, memberikan contoh, atau lewat media internet atau lewat blog

Apabila kita hidup diperkotaan yang jauh dari alam liar banyak bisa kita lakukan, tidak buang sampah sembarangan, langkah kecil yang sangat bermanfaat untuk lingkungan. Ajak keluarga, teman agar memancing kesadaran mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Setidaknya tindakan kecil lebih berarti dibandingkan tidak pernah melakukan apapun.

Mendaur ulang barang tidak terpakai. Salah satu contoh kantong plastik. Masyarakat kita yang cenderung konsumtif dan gemar berbelanja pasti sangat lekat menggunakan kantong plastik. Dari mulai pasar tradisional sampai pasar modern memberikan plastik. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir penggunaaannya bahkan tidak menggunakan kantong plastik sama sekali.

Caranya dengan membuat kantong belanja dari barang yang tidak terpakai. Masalah utama dari kantong kertas sebagai pengganti kantong plastik yaitu mudah basah dan pemakaiannya pun terbatas. Ada satu solusi yaitu dengan membuat kantong belanja dari kaos bekas. Pasti kita mempunyai kaos bekas yang sudah tidak terpakai kan ? Bisa disulap menjadi kantong belanja. Caranya simple, tinggal menjahit bagian bawah kemudian menggunting bagian lengan, jadilah tote bag. Lebih memuat banyak barang serta pemakaiannya bisa berulang kali. Setidaknya kita bisa mengurangi sampah plastik.

Selain plastik, bahan yang susah terurai di alam yaitu styroform. Kita bisa memanfaatkan limbah styrofom sebagai pernak pernik, hiasan, bahkan handycraft. Selain mengurangi sampah kita juga bisa menghasilkan barang bernilai jual.

Walaupun kertas mudah terurai tapi tidak ada salahnya kalau kita bisa memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat. Sebutlah roll tisu tolet, bisa kita sulap menjadi tempat pensil, tempat kuas make up, acssecories holder bahkan celengan. Selain itu tempat bekas telur bisa kita manfaatkan sebagai tempat menyimpan aksesoris dll. Box bekas sereal atau susu bisa kita manfaatkan sebagai tempat rak buku, frame foto, celengan.

Mendaur ulang sampah merupakan langkah kecil yang bisa kita mulai dari sekarang, caranya simple, tidak membutuhkan banyak alat. Kita hanya perlu memancing daya kreativitas dalam berkarya dan bereksperimen. Langkah kecil ini setidaknya bisa mengurangi beban alam kita, sekarang dan untuk masa yang akan datang.

Mari kawan-kawan sayangi alam, sayangi sampah mu, untuk anak cucu kita kelak. Agar mereka tidak menanggung beban atas apa yang telah dilakukan oleh leluhurnya. Kurangi penggunaan plastik dan styroform, mulailah memanfaatkan barang-barang disekitar kita. Mari kita mulai menyelamatkan lingkungan kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s