Ini Pantai, ini Surga di Gunung Kidul, Pantai Sundak

Kalo denger kata jogja biasanya kita cuma langsung tertuju pada malioboro, Borobudur, prambanan. Tapi eiits, di jogja juga banyak surga tersembunyi loh. Walaupun emang jaraknya lumayan jauh dari pusat jogja tapi perjalanan kalian gak akan sia-sia. Kabupaten Gunung Kidul, surganya pantai. Jangan ngaku cinta jogja kalo belum pernah ke pantai di Gunung Kidul.

Banyak banget pantai luar biasa indah disana, ada Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ndrini, Pantai Sundak. Nah kali ini bakal ngebahas Pantai Sundak, Pantai yang jadi lokasi syutingnya Film Kata Hati. Ituloh yang dibintangi sama Boy Hamzah yang cakep itu loh.

Apa yang terlintas dikepala kalian kalo denger kata Pantai ? Surga, itulah kata yang terlintas dalam benak saya. Surganya air, surganya bermain, surganya liburan. Pasir putih, hembusan angin, deru ombak, biru laut biru langit, dan senja, aaah bikin terpaku.

Sekarang disini bakal ngebahas satu dari sekian banyak surganya Gunung Kidul, yaitu Pantai Sundak. Pantai sundak sendiri berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Untuk menuju Pantai sundak bisa menggunakan kendaraan umum berupa bis. Tapi enaknya menggunakan kendaraan pribadi, selain jalannya yang masih sepi kalian gak harus terpaku sama jam angkutan umum. Perjalanan dari pusat jogja sekitar 2 jam. Setiap pengunjung dkenakan retribusi sebesar Rp 2.000,-/orang.

Pantai-pantai di Gunung Kidul memiliki cir khas yang unik, yaitu didominasi batu karang, baik batu karang di dasar pantai juga batu karang gede yang menclok ditengah laut. Selain itu pasir pantai disini juga pasir putih. Sama halnya dengan Pantai Sundak.

Perjananan menuju Pantai sendiri lumayan bikin konsentrasi, soalnya jalanan curam dan sepi. Setelah menempuh waktu perjalanan selama satu jam kami kitab di pantai sekitar jam 11.00 siang, lagi panas-panasnya tapi karya Tuhan malah terlihat semakin indah, bersinar.

Mayoritas pantai-pantai di Gunung Kidul juga masih sepi dan asri, ya namanya juga surge tersembunyi. Tapi sekarang ada beberapa Pantai yang sudah dikelola dengan baik. Kebetulan untuk Pantai Sundak dirasa masih sepi, disana hanya ada dua warung kecil yang disertai dengan WC umum. Saat itu yang berkunjung kebetulah hanya rombongan kami, jadi berasa private beach, haha. Bermain pantai sambil nemenin warga yang sedang memancing ikan.

Ada bapak-bapak pencari ikan (Photo by Rizki A Rachman)

Ada bapak-bapak pencari ikan (Photo by Rizki A Rachman)

Perjalanan selama sejam dengan jalanan curam terbayar lunas bahkan lebih kalo udah liat Pantai Sundak. Langit biru, hamparan pasir putih, ombak, batu karang, aaaaah paradise ~ Cuma bisa bilang, subhanallah. Surga tersembunyi dari jogja.

Paradise (Photo by Rizki A Rachman)

Paradise (Photo by Rizki A Rachman)

Jangan sampe datang ke pantai tanpa basah basahan, walaupun saat itu matahari lagi stay diatas ubun-ubun harus banget nyemplung ke air. Walaupun hanya sampe lutut. Seenggaknya ada basah-basah dan nginjek batu karang.

Salah satu batu karang besar di Pantai Sundak (Photo by Rizki A Rachman)

Salah satu batu karang besar di Pantai Sundak (Photo by Rizki A Rachman)

Dijamin pas kalian liat pantai bawaannya pengen nyemplung atau main air. Siang itu pantai lumayan agak surut jadi bisa jalan menuju batu karang yang gede, mginjek karang terus nemu beberapa binatang lagi merayap-rayap. Ah, tak terlupakan.

Kalian bisa menjelajah pantai dari yang kedalaman cuma beberapa jengkal di atas mata kaki sampai sedada orang dewasa. Kalo kalian gak nyemplung bisa berteduh di bawah batu karang. Lumayan ngadem.

numpang eksis (Photo by Rizki A Rachman)

numpang eksis (Photo by Rizki A Rachman)

Beres main air pasti laper kan ? tak ada seafood mie rebus pun jadi, tapi itu mie nya mantep banget, efek capek dan suasana pantai kali ya. Minumnya es degan, uuh pantai banget. Nah kalo mau pulang jangan sampe kalian bawa oleh-oleh batu karang dari pantai ya. Soalnya ada peraturan gak boleh mengambil batu karang dari pantai. Walaupun batu karangnya berserakan di pasir jangan d ambil ya.

Sayangnya kami gak sempet menikmati sunset disini, karena masih banyak agenda lain dan juga karna jalanan yang sepi dan kami semua pendatang jadi lebih baik cari gampangnya aja. Ah suatu saat pokoknya harus banget ngecamp di pantai gunung kidul.

 

3 thoughts on “Ini Pantai, ini Surga di Gunung Kidul, Pantai Sundak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s