Maaf Kegagalan, aku tidak takut

Setiap orang pasti tidak mau gagal, apalagi mendapatkan keagalan yang bertubi-tubi. Berhasil, berhasil, dan berhasil itu adalah fokus tujuan hidup kita. Berhasil dalam setiap rencana yang dibuat, tapi saat takdir mempertemukan kita dengan sebuah batu kerikil kecil berupa kegagalan, apa yang akan kita lakukan setelahnya ? itu adalah sebuah keberhasilan yang sesungguhnya. Bagaimana kita bangkit saat jatuh dan apa yang akan kita lakukan setelahnya itu yang lebih penting.

Saat kita terhalang kerikil kecil kita bisa saja dengan mudah menginjaknya. Tapi saat batu kerikil berkumpul membentuk sebuah gunung apa yang harus kita lakukan ? Mencari jalan lain atau mendaki gunung dan menemukan sebuah telaga kepuasan batin ? Ya, saat dihadapkan dengan kegagalan yang bertubi-tubi pasti sedikit demi sedikit demi sedikit melatih mental kita. Kegagalan yang bertubi2 ibarat sudah jatuh tertimpa tangga dan ketiban atap, sakit, sedih, kecewa, dan terpuruk. Tapi tenang saja kawan, sebanyak apapun kegagalan kita akan bisa membangun sebuah istana keberhasilan yang megah dari puing2 kegagalan itu kan.

Sedikit merenungi pengempaan jiwa dari Tuhan. Apakah setelah melalui sebuah pengempaan sebuah jiwa akan menjadi kuat atau malah hancur lebur ? Semua dikendalikan oleh jiwa itu sendiri, bukan Tuhan. Bahkan dalam Al Quran disebutkan bahwa “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” Q.S Al Baqarah ayat 286. Jadi saat Tuhan mempertemukan kita dengan sebuah kegagalan jangan lari ataupun jangan hancur. Hadapi karena saat kita bisa mengendalikan kegagalan Tuhan akan menghadiahkan kita dengan sebuah kepuasan batin dan jiwa yang menjadi lebih baik.

Setelah ini, apakah kita takut pada batu loncatan berupa kegagalan ? Tentu saja tidak.

 

Garut, 6 Agustus 2014

 

Untuk sebuah rasa syukur ketika berhasil melalui segunung kegagalan.

Alhamdulillah, terimakasih Hadiahnya Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s